Jumat, 02 September 2011

2010 unforgettable TRIP!! (Kuala Lumpur-Malaka-Phuket-Phi-Phi Island-Bangkok-Singapore)

Perjalanan ini bermula pada saat Manda(kembaran saya) mengajak saya pergi ke Thailand bersama teman2nya. Waktu itu Airasia sedang Promo sehingga Manda, Laras dan Dita mendapatkan tiket dengan Total sekitar 900ribu rupiah untuk penerbangan :

Jakarta-Kuala Lumpur-Phuket-Bangkok-Singapore-Jakarta

dengan total waktu perjalanan sekitar 2 minggu. Akhirnya setelah menimbang-nimbang dengan matang dan menyesuaikan dengan jadwal kuliah akhirnya saya memutuskan untuk ikut dengan Barly, tapi kita cuma sampai Bangkok saja, lalu kembali ke Jakarta. Jadilah kita beli tiket seharga 1 juta untuk perjalanan :

Jakarta-Kuala Lumpur-Phuket-Bangkok-Jakarta

dengan total waktu perjalanan 9 hari. Dengan rentang waktu pembelian tiket dan hari keberangkatan yang lumayan lama (kita beli sekitar bulan Mei 2009dan berangkat tanggal 1 Maret 2010), kita jadi punya waktu panjang untuk merencanakan perjalanan independent pertama kami untuk waktu yang cukup panjang.

Berikut rincian perjalanan kami :
Malaysia (Kuala Lumpur-Malaka) : 3D/2N
South Thailand (Phuket-Phi2 Island) : 4D/3N
Thailand (Bangkok) : 4D/3N
Singapore : 4D/3N

PERSIAPAN

A. AKOMODASI

Tentunya ini merupakan kebutuhan dasar kami disana. Rencana kami dari awal memang kami
akan melakukan flashpacking, jadi kami memang tidak memilih tempat menginap yang terlalu mahal, asal tempatnya strategis, bersih serta aman. Maka itu yang akan menjadi calon tempat kami menginap. Berikut nama-nama hotel yang kami gunakan sepanjang perjalanan kami :

1.    Kuala Lumpur

BINTANG WARISAN HOTEL

Hotel bintang tiga ini terletak tepat di jalan bukit bintang yang sangat terkenal sebagai tempat berkumpulnya para turis yang berkunjung kesini. Terletak sekitar 200 m dari Stasiun Monorail Bukit Bintang, disekitar Hotel ini terdapat Plaza Sungai Wang, Berjaya Times Square, Farenheit dan mall2 lainnya, serta dibelakang hotel ini adalah Jalan Alor yang tersohor karena merupakan tempat wisata kuliner di Kuala Lumpur. Disekitar hotel ini terdapat juga banyak kafe dan juga mini market seperti seven eleven. Jadi untuk urusan makan dan belanja terjamin lah. Secara interior Hotel ini cukup bagus dan bersih, kamarnya pun cukup luas (kami memesan kamar quad untuk ber 5, hehe) dan ada air panas serta dapat breakfast untuk 4 orang. Rate hotel ini juga cukup terjangkau sekitar 600rb rupiah/malam. Jika kami bagi 5, murahlah ya untuk sebuah kamar hotel yang nyaman dan terletak di daerah yang strategis. (pembelian dapat dilakukan di : www.agoda.com).

2.    Phuket

PATONG VOYAGE HOTEL

Pada saat kami membeli kamar di hotel ini lewat Agoda.com, hotel ini memang belum memiliki banyak review karena memang hotel ini terbilang masih baru, dan terbukti ketika kami tiba disana, Hotel ini memang masih sangat baru. Namun Hotel ini sungguh sangat tidak mengecewakan. Terletak di daerah Patong Beach, dan dapat dijangkau dengan menggunakan shuttle van dari bandara, cukup tunjukan alamat hotel saja, dan supir shuttle van bandara akan segera mengantarkan kita ke hotel ini. dimana kamarnya yang bergaya minimalis luas dan bersih (bahkan masih tercium bau baru), staffnya sangat ramah dan sangat membantu kami yang terus bertanya mengenai jalan di Phuket. Lokasinya memang tidak terlalu dekat dengan Bangla Road yang merupakan pusat keramaian kota Phuket, namun semua pusat keramaian masih bisa dijangkau dengan 10 menit jalan kaki. Serta jangan khawatir jika membutuhkan sesuatu, di depan hotel ini ada seven eleven dan banyak penjual makanan kaki lima yang menjual makanan khas thailand yang enak dan murah. Jadi hotel ini menurut kami sangat well recommended. Untuk rate semalam sekitar : 300rb.(pembelian dapat dilakukan di : www.agoda.com).

3.    Phi-Phi Island

WHITE SANDS HOTEL

Penginapan kami disini memang tidak dapat dikatakan sebagai sebuah hotel berbintang, karena memang penginapan ini sangat minim sekali fasilitasnya. Penginapan ini kami beli di atas ferry menuju pulau ini oleh agen perjalanan yang menjual kamar2 di Phi2 Island. Untuk harga 350rb semalam (lebih mahal dari hotel di Phuket) memang sangat jomplang sekali jika dibandingkan fasilitasnya Namun, untuk sebuah tempat singgah untuk sekedar mandi dan tidur, kamar ini memang cukup lumayan karena letaknya dekat dengan bibir pantai, serta pastinya memiliki AC, Penginapan di pulau Phi2 memang terbilang mahal jika dibandingkan dengan di Phuket, namun sebisa mungkin kami menekan budget karena kami masi akan banyak mengeluarkan biaya di perjalanan ini. (pembelian dapat dilakukan di : agen2 travel di Phuket, di atas ferry Phuket-Phi2, agen travel di Phi2 Island dan tentunya www.agoda.com).

4.    Bangkok

RAMBUTTRI VILLAGE HOTEL

Terletak di kawasan backpacker tersohor di Kota Bangkok yaitu Khaosan Road, Hotel ini merupakan hotel yang cukup besar dibandingkan hotel-hotel disekitarnya yang kebanyakan hanya berbintang satu ataupun hanya setaraf guesthouse. Lokasinya terletak di Rambutri road, hanya seukuran seberang jalan dengan khaosan road, Lokasinya memang sangat bagus, disepanjang jalan di sekitar hotel terdapat banyak penjaja makanan khas thailand dan kafe2 berhiaskan lampu2 warna warni yang makin memeriahkan suasana ramai daerah tersebut. Dengan rate sekitar 300rb rupiah untuk standard room/malam, hotel ini cukup bersih dan nyaman. Dimana terdapat fasilitas water heather, ac, itu semua sudah lebih dari cukup bagi kami. (pembelian dapat dilakukan di : www.agoda.com).

B. PACKING

Pada saat kami berangkat ke sana, cuaca di Kuala Lumpur, Phuket dan Bangkok sedang musim kemarau, sehingga kami hanya membawa pakaian-pakaian untuk udara panas. Seperti :

Kaos oblong
      Celana Pendek
      Sweater tipis
      Celana Panjang
      Sepatu santai
      Kaos kaki
      Sendal Pantai
      Pakaian dalam

Sedangkan untuk perlengkapan lainnya seperti alat-alat mandi, obat2an, payung, kacamata hitam dan dokumen (paspor, ktp, tiket pesawat, voucher hotel) juga kami siapkan dengan matang. Selain menghemat biaya agar tidak usah beli lagi disana, perlengkapan-perlengkapan ini akan sangat berguna disaat-saat darurat jika dibutuhkan. Berbekal satu koper kecil, satu daybackpack dan satu tas tangan. Kami siap berangkat!!