Jumat, 16 September 2011

MY FAVOURITE TRADITIONAL CAKE! WINGKO BABAT!

Saya gila! setiap ada yang pulang dari Semarang(entah family atau temen), saya selalu happy, kenapa? pasti karena oleh2nya dong, hahaha,,eits, tapi saya happy bukan karena dikasih mochi gemini semarang yang super famous itu, bukan juga dengan loenpia semarang dan otak-otak bandeng ataupun bandeng prestonya, semuanya saya cuekin jauh-jauh, saya cuma mencari dan mau makanan kesukaan saya, si wingko babat!

Well, waktu saya kecil, saya biasa-biasa aja tuh sama si kue satu itu, padahal frekuensi si wingko babat lebih banyak datang kerumah sewaktu saya kecil, saat papa saya sering bolak-balik Jakarta-Semarang entah untuk main golf ataupun urusan bisnis dengan teman pengusahanya yang asli Semarang itu. Bagi saya yang masih kecil(waktu itu) kue itu sama sekali tidak menarik minat saya untuk memakannya, malah saya selalu membanyangkan si wingko babat itu kue yang sangat 'creepy'! Gimana enggak coba? namanya aneh banget gitu! Wingko Babat, yang jelas saya beneran gak ngerti apa artinya wingko(sampai saat ini pun belom,haha), tapi kata selanjutnya bikin saya jauh lebih merinding! Babat? hah? kue pake babat?kulit yang kaya handuk itu?yang rasanya katanya kenyel2..iiiihhhh!!! Babatnya aja saya jarang makan(gak doyan), apalagi jadi campuran kue! OMG! jijay banget gue bayanginnya! 

Sebenernya saya belum pernah melihat bentuknya(karena saking membayangkan mengerikannya tuh si Wingko, yang selalu dibungkus kotak rotan, saya gak pernah coba2 untuk membuka dan mencari tahu seperti apa bentuknya) sebelum tahun 2010 kemarin, saat kakak saya dan mama saya pulang dari Semarang dalam rangka Tugas Akhir Kuliahnya. Mereka bawa banyak sekali oleh2, mulai dari Loenpia Semarang, Mochi Gemini, Bandeng Presto dan kawan2nya dan juga si Wingko Babat! Karena udah mulai gede, dan udah mulai suka makan yang aneh2 juga (tanda kita beranjak dewasa itu udah mulai bisa menerima berbagai macam jenis makanan yang waktu kecil kita gak suka even belum mencobanya, jadi kalo kamu masih suka pilih2 makanan, brarti perlu di pertanyakan kedewasaannya, haha), saya curious banget nih sama si wingko, tadinya sih cuma iseng2 ikut2an kakak dan adik2 saya bongkar2 oleh2,. Sampe saya liat wujud aslinya dibalik kotak rotan si wingko, loh ada bungkusan lagi kecil2, trus kok gambarnya kelapa, dan pas saya liat2 lagi, wohhh!rasanya beda2 pula, ada rasa original(kelapa), cokelat, nangka, durian, apalagi yah? saya lupa deh, pokoknya macem2 lah rasanya.

Saya nanya sama kakak saya yang baru pulang, eh wingko tuh kue apaan deh?pengen cobain tapi takut! kakak saya pun sontak ngejawab, cobain aja!(kayaknya dia juga belum pernah coba juga nh pikir saya). Ahh, males ah, kalo ga enak gimana? mi, wingko babat tuh kok rasanya yang manis2 gitu sih? jijay banget deh! masa babat rasa cokelat..hiiyy! komentar saya ke mama saya. Langsung dengan cepat dan berapi-api mama saya ngoceh ' Lo jadi orang bego banget yah, mana ada kue pake babat! itu rasanya kelapa!' eh gila gak nyantai, yeee mana ai tau yaah, yah you mami ai gak kasih tau dari duluu...zzzz!

Singkat kata, saya berani deh cobain, pertama-tama saya buka yang rasa original(rasa kelapa asli),dengan gaya sok takut-takut dan jijik2(tetep! 19 tahun cuy, membawa bayangan si kue babat itu ke khayalan saya,haha) saya gigit suapan pertama..hmmm..manis, gurih, ada potongan kelapa juga yang terasa..Oh! begini toh rasanya wingko babat! Not Bad lah! tapi biasa aja, sampe karena tuh kue banyak banget belinya, saya jadi nyemilin tiap sore, pagi, siang, pokoknya setiap lewat meja makan, nyomot..ahahaha

Sampe setelah makan terus-terusan, rasanya tuh jadi enak dan nagih deh..hmmm! yang rasa lain juga lumayan, tapi tetep yang paling juara dan paling saya suka si wingko rasa original dan cokelat(agak terlalu kemanisan buat saya yang kurang suka manis yang bikin ngilu gigi, tapi overall 4 jempol buat si wingko 'babat' jejadian ini ini,hahahaha.

Nah setelah cukup lama ga makan wingko, sahabat saya di Dita, abs pulang dari Semarang karena adiknya si Bimo baru aja mau masuk kuliah di UnDip, dia kasih saya oleh2, ada telur asin dan wingko babat, wow mata saya langsung berbinar-binar liat si wingko..hahaha..*lebay!, dan seperti biasa udah tau gini nih, ga enaknya pas udah abis, sengsara tiada akhir banget, ngidam wingkoo..huhuhu! Sampe suatu saat, beberapa bulan setelah si Dita kasih saya oleh2, saya menemukan resep wingko babat di internet! jiiit! mata saya langsung memicing dan agak mengecil berusaha fokus dan dengan cepat membaca sekaligus mendeteksi bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat wingko. OKE! teriak saya dalam hati, besok saya pasti buat si wingko ini, ternyata bahan dan cara membuatnya cukup mudah, jadi saya langsung mencatat apa saja yang harus dibeli buat persiapan bikin si wingko kelapa ini.

Ini dia Resep Si Wingko Babat :

Grilled Traditional Coconut Cake
Untuk 32 buah






























Ingredients :
150 gram tepung ketan putih
300 gram kelapa parut kasar
1/8 sendok teh vanilli bubuk
1/4 sendok teh garam
200 gram gula pasir
1 butir telur
150 gram santan kental instan

Method
- Campur tepung ketan putih, kelapa parut kasar, vanili bubuk, dan gula pasir. remas-remas sampai gula larut




- Tambahkan telur. Aduk rata. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni rata.



- Pipihkan adonan. bentuk bulat

- Panaskan wajan datar yang dioles tipis dengan minyak. panggang wingko sampai matang sambil dibolak balik





- Panaskan wajan datar yang dioles tipis dengan minyak. panggang wingko sampai matang sambil dibolak balik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar