Rabu, 14 September 2011

CRAVING for AIS KACANG PENANG!!

Setelah perjalanan juli 2011 ke Penang dan tentu aja mengubek2 kuliner disana, kita sekeluarga langsung jatuh cinta banget sama yang namanya AIS KACANG PENANG! yup!dari namanya udah bisa dibayangkan kan sebongkah es serut diisi bermacam2 isi, dengan bahan utamanya yah si kacang merah yang super lembut dan muanis gurih plus disiram sirup rootbeer dan susu evaporated yang bikin segernya si ais kacang ga biasa..sluurrrp!(sampe nelen ludah nulisnya) hehehe..

Nah sampe Jakarta kita bener2 sakau banget sm ais kacang ini dan bingung banget mau makan dimana yah, sampe keinget sebuah resto yang sangat famous di Jakarta karena sempet jadi tempat syuting film layar lebar Indonesia, yup! Penang Bistro, resto yang membawa embel2 pulau pinang di Malaysia ini langsung membuat saya sungguh berharap dapat mengobati rasa kangen saya dengan si Ais Kacang juara ini.

Akhirnya, suatu hari menjelang buka puasa saya dan amel membawa rombongan, sekitar 4 orang teman lainnya untuk diboyong makan di Penang Bistro dengan iming2 makanan pulau Penang yang superb banget. Dengan perjuangan panjang karena harus waiting list, karena restorant ini ternyata ramee banget, ya iyalah, hari biasa aja kalau mau makan disana harus reservasi untuk memastikan kita dapet meja disana, apalagi pas jam buka puasa gini, hadeeeeh! padahal perut sudah lapar dan gak sabar lagi. Yasudahlah, akhirnya kita nunggu disebuah meja bar sambil melihat2 menu, saya langsung membalik menu ke paling belakang dimana biasanya dessert dan minuman selalu nongkrong dengan manis di deretan akhir menunggu untuk dipilih. Mata saya langsung bergerak mencari-cari nama si Ais Kacang, dan YES! ada! yaiyalah, saya bisa ngamuk berat kalo2 restorant ini berani2nya nulis kata Penang tanpa memasukan signature dish Penang yang super tersohor itu.hahaa..Pendek kata, setelah kita memesan sejumlah main course juga untuk mengganjal perut kami, si Ais Kacang pun sudah tertulis rapi di dalam orderan kami yang dibaca ulang oleh si mbak2 penang bistro.

Sambil berharap2 cemas dan menunggu si Ais Kacang tiba, beberapa makanan yang di order sudah mulai berdatangan, Roti Canai with Beef Curry dan Roti Tisu khas malaysianya sangaaaat enaaak, yah cukup worth it lah, walaupun harga yang dibandrol disini memang untuk kelas menengah atas kalau dibandingkan dengan makan langsung di negara aslinya yang hanya skitaran dibawah 9rb rupiah saja. Setelah itu Tom Yum soup Arni, Nasi Goreng pesanan Bagong dan Prawn mee saya pun mulai datang, tidak mengecewakan juga, sampai akhirnya Ais Kacang yang dinanti2 pun datang, hmmm..dari tampangnya sih lumayan,tapi kok saya merasa ada beberapa isian yang tidak ada seperti creamy corn stylenya, sirup coklat rootbeer plus serpihan kacang tanah goreng yang membuat ais kacang itu beda sama yang sering dibuat mama saya dirumah! ah! sambil sedikit kecewa sambil tetap berharap rasanya mirip Ais Kacang Pulau Pinang sebenarnya, saya mulai mengaduk2 es tersebut dan benar saja saat menyuap si ais kacang yang satu ini rasanyaa ehm..sunguh tidak sesuai ekspektasi saya yang sangat tinggi mengenai kemiripan yang saya idam2kan dengan yang ada di Pulau Pinang..hiks..muka saya mengatakan segalanya, amel dan teman2 lain pun mencoba dan cukup kecewa dengan rasanya. Well, memang rasanya gak seburuk itu, rasanya tetap enak, Tapiii..kalau kalian sudah pernah merasakan the famous Ais Kacang Penang yang sebenarnya, rasa yang ditawarkan di Penang Bistro sungguh mengecewakan, tidak ada keaslian dan keauthentican yang ditawarkan disini. Rasanya seperti makan es kacang biasa di restoran2 lain yang mencharge 50% dibawah harga yang dibandrol disini. huffff! usai sudah pencarian saya terhadap si es kacang penang ini.

Berbekal kengindaman terhadap ais kacang, saya bertekad membuat sendiri ais kacang, sambil mengingat-ingat komponen2 yang ada didalamnya
AIS KACANG PENANG















Ingredients :
-grass jelly(cincau), cut into cubes
-pearl jelly
-creamy corn style
-kolang-kaling(buah atap)sliced
-caramelize red bean (rendam, presto di dalam air gula dan pandan)
-evaporated milk
-rose syrup
-rootbeer syrup
- crushed roasted peanut for garnish
-1 scoop vanilla ice cream
-Ice, serut
Method :
mixed grass jelly, pearl jelly,buah atap,red bean, and creamy corn in a ice glass or bowl. add ice serut,red bean,buah atap and creamy corn one more. add evaporated milk,rose syrup,and rootbeer syrup. served with vanilla ice cream on top and garnish with crushed roasted peanut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar